Tentang Kami

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

MAJELIS TAFAQQUH FIDDIN (MTF)

Wadah Iman, Ilmu dan Amal Shaleh


Allah berfirman :

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ
(التوبة : 122)

Tidak sepatutnya bagi kaum mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi sekelompok dari tiap-tiap golongan di antara mereka untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama (Islam) dan untuk memberi peringatan kepada kaum mereka apabila mereka telah kembali kepada mereka, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya (dari penyimpangan ajaran Islam).
(Surah At-taubah : 122)

Rasul Saw. bersabda :

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ
(رواه الإمام مسلم)

Dan siapa yang meniti jalan dengan tujuan mencari ilmu, maka Allah mudahkan baginya jalan ke syurga. Dan tidaklah suatu kaum yang berada di rumah-rumah Allah (masjid-masjid) yang membaca Kitabullah (Al-Qur’an) dan sama-sama mempelajarinya, kecuali turun ke dalam diri mereka rasa ketenangan, diliputi rahmat Allah, dinaungi para malaikat dan Allah sebut mereka sebagai orang-orang yang berdzikir di sisi-Nya.

(Hadits Riwayat Imam Muslim)

 

I. Mukaddimah

Majelis Tafaqquh Fiddin (MTF) adalah forum pengkajian dan pendalaman Islam (majelis ilmu) secara intensif dan komprehensif. Kajian setiap Sabtu MTF adalah gabungan antara peserta sebelumnya dan sebagian peserta peserta I’tikaf di Azzikra Islamic Centre Sentul. Alhamdulillah, kajian gabungan pertama MTF terlaksana pada hari Sabtu kedua bulan Syawal 1432 H.

Semua kajian keislaman MTF bersumberkan Al-Qur’an, Sunnah Rasul Saw. dan kehidupan para Shahabat Rasulullah. Kami menjadikan kehidupan para Shahabat sebagai inspirasi pembelajaran dan penerapan ajaran Islam karena mereka adalah generasi Islam pertama yang menerima Islam dan menerapkannya dalam kehidupan secara utuh dan benar dalam semua lapangan kehidupan di bawah bimbingan dan kepemimpinan Rasul Saw. sehingga mereka mendapatkan pujian dan pengakuan dari Allah sebagai “khairu ummah” yang berarti generasi terbaik (Q.S. Ali Imran : 110) dan “radhiyallahu ‘anhum” yang berarti Allah telah ridha kepada mereka serta dijamin Allah masuk surga. (Q.S. At-Taubah : 100). Sebab itu, mereka adalah orang-orang yang sukses dalam kehidupan dunia dan juga akhirat, insya Allah.

Forum kajian MTF ini dipimpin dan dibimbing langsung oleh Ust. Fathuddin Ja’far, MA yang sudah aktif berdakwah lebih dari 30 tahun, baik di dalam maupun di luar negeri.

II. Visi

Menjadi wadah penanaman iman, penyebaran ilmu dan pembukaan ladang amal shaleh bagi komunitas MTF khususnya dan masyarakat pada umumnya, menjalankan kehidupan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul Saw. dan mengasah pemahaman keislaman seperti generasi Islam pertama; Sahabat Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

III. Misi

  1. Membentuk pribadi dan keluarga yang beriman, berilmu dan beramal.
  2. Mengajak umat Islam khususnya dan seluruh manusia umumnya, untuk kembali kepada nilai-nilai Islam yang menjamin keberkahan hidup di dunia dan keselamatan di akhirat dari api neraka.
  3. Menyebarkan ajaran Islam berdasarkan pemahaman generasi Sahabat Rasul Saw. dan ulama-ulama besar Islam sepanjang sejarah, agar terhindar dari pemahaman-pemahaman yang menyimpang.
  4. Menerapkan nilai-nilai Islam ke dalam kehidupan nyata, agar waktu hidup di dunia meraih keberkahan dari Allah dan di akhirat meraih surga-Nya serta terhindar dari neraka.
  5. Bersama-sama (amal jama’i) mengejar ampunan dan surga Allah.

 

IV. Level dan Materi Kajian

Kajian MTF terdiri dari lima (5) level berikut :

  1. Tingkat  Dasar  (Basic  Level),   terdiri  dari  Fiqih  Aqidah,  Fiqih Ibadah, Fiqih Muamalah (Ekonomi dan Bisnis), Fiqih Akhlaq dan Fiqih ‘Ailah (Manajemen Keluarga).
  2. Tingkat Menengah (Intermediate Level),  terdiri dari 5 Fiqih, yaitu :  Fiqih Aqidah, Fiqih Ibadah,  Fiqih Akhlaq, Fiqih Sirah Rasul Saw. (Kehidupan Rasul Saw.) dan Fiqih Idaroh Tannmiyah Basyariyyah (Manajemen SDM).
  3. Tingkat Tinggi I (Advanced Level I) yaitu, Fiqih Aqidah, Fiqih Ibadah, Fiqih Siroh Rasul SAW (Kehidupan Rasul  SAW),  Fiqih  Hayatush-Shahabat  (Kehidupan  para  Sahabat Rasul SAW), dan Fiqih Al-Ghazwul Fikri (Sistem Perang Pemikiran).
  4. Tingkat Tinggi II ( Advanced Level II) terdiri  dari 5 Fiqih yaitu : Fiqih Ulumul Qur’an (Ilmu-Ilmu Al-Qur’an),  Fiqih Ulumul Hadits (Ilmu-Ilmu Hadits), Ushulul Fiqh (Dasar-Dasar Hukum Islam), Fiqih Tarbiyah Islam (Sistem Pendidikan Islam) dan Fiqih Dakwah Islam (Sisitem Dakwah Islam).
  5. Tingkat Istimewa (Extraordinary Level) terdiri dari 5 Fiqih yaitu: Fiqih Iqtishad Islami (Sistem Ekonomi Islam), Fiqih Siyasah & Hukumah Islamiyah (Siitem Politik & Pemerintahan Islam), Fiqih Jihad Islam (Sitem Pertahanan dan Keamanan Islam), Fiqih Ijtima’i Islam (Sistem Sosial Islam), dan Tarikh & Hadharah Islamiyah (Sejarah dan Peradaban Islam).

V. Susunan Acara Kajian MTF

Terkait dengan susunan acara kajian MTF ialah :

KEGIATAN JAMA’AH MAJELIS TAFAQQUH FIDDIN (MTF)

WAKTU

DEWASA

ANAK

07.00 – 07.30 Sesi I. Tilawah Al-Qur’an dibimbing oleh Ust. Fathuddin Ja’far, MA Sesi I. Duduk tertib bersama orang tua. Turut menyimak atau membaca Al-Qur’an.
07.30 – 08.00 Sesi II. Sesi Tanya Jawab khusus tadabbur ayat-ayat Al-Qur’an yang telah dibaca sebelumnya atau tahsinnya. Sesi II. Ice Breaking dibimbing oleh Ustadzah/trainer khusus anak.
08.00 – 08.30 Sesi III. Materi Fiqih Aqidah oleh Ust. Fathuddin Ja’far, MA. Sesi III. Materi khusus anak dan remaja.
08.30 – 08.45 Jeda untuk istirahat dan pengumuman-pengumuman. Jeda dan diperbolehkan berkumpul dengan orang tua.
08.45 – 09.00 Sesi IV. Materi Fiqih Ibadah, Mu’amalah, Akhlaq (Tazkiyatunnufus) dan ‘Ailah (Keluarga) bergantian setiap pekannya. Materi IV. Kembali ke ruang khusus untuk mengikuti materi lanjutan.
09.00 – 09.30 Sesi V. sesi Tanya Jawab Materi anak selesai pukul 09.00 WIB.

 

VI. Waktu dan Tempat

Kami menyadari untuk memahami Islam dengan baik dan komprehensif memerlukan keseriusan, kesungguhan dan waktu yang cukup/lama. Sebab itu, kami mengadakan kajian rutin MTF setiap hari Sabtu pukul 07.00 – 09.30 WIB di Masjid Al-Ikhwan, Bukit Cengkeh I, Jl. Nusantara, Tugu – Depok

VII. Referensi dan Fikroh/Pemikiran

Referensi semua materi tesebut tertuang dalam buku atau kitab yang sudah diseleksi dan ditentukan, baik yang ditulis oleh para ulama Islam maupun yang disusun oleh tim kreatif MTF sendiri. Jika buku referensinya ditulis dalam bahasa Arab, maka tim MTF mengupayakan mendapatkan yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jika belum ditemukan, maka tim kreatif MTF menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia sehingga ada pilihan bagi peserta untuk memiliki salah satu di antara keduanya, atau sekaligus keduanya.

Perlu ditekankan di sini bahwa pemikiran Islam yang kami kaji dan terapkan adalah seperti yang dipahami oleh generasi Islam pertama, yakni generasi Sahabat Rasul Saw., atau disebut dengan generasi Salafus-Shaleh atau biasa dikenal pula dengan Ahlussunnah Waljama’ah. Jika ada di antara peserta memahami Islam atau menyebarkan ajaran Islam di luar pemikiran tersebut, maka itu bukan dari pemikiran dan ajaran MTF dan kami berlepas diri darinya.

Hal lain yang perlu dijelaskan ialah bahwa setiap pertemuan dibahas dua materi. Materi Fiqih Aqidah mendapatkan porsi kajian setiap pertemuan, sedangkan materi-materi yang lain hanya mendapat jatah satu sesi per bulan. Untuk menamatkan kajian setiap level berkisar antara 24 sesi atau sekitar dua tahun. Sedangkan materi Fiqih Aqidah mencapai 100 sesi setiap level.

VIII. Aktivitas Pendukung

Untuk membantu peserta atau jamaah kajian MTF dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam materi tersebut dalam diri dan keluarga para peserta, maka kami mengadakan beberapa aktivitas pendukung. Di antaranya :

  1. Dauroh /training keluarga berkala 4 sampai 6 bulan sekali dengan tema utama : “Selamatkan Diri dan Keluarga Dari Api Neraka”. Dauroh tersebut dirancang khusus agar semua anggota keluarga dapat ikut serta, sejak dari anak-anak sampai kakek dan nenek. Agar aktivitas dauroh berjalan dengan baik dan maksimal, maka dauroh dibagi menjadi dua kelompok; kelompok anak-anak sejak usia 4 tahun sampai usia kelas 6 SD dan kelompok remaja dan dewasa; dari usia SMP ke atas.
  2. Kajian khusus terkait membaca  Al-Qur’an dengan tartil  menggunakan referensi buku “7 Langkah Belajar Membaca Al-Qur’an Sampai Faseh” dan memahami Al-Qur’an dengan metode Tadabbur menggunakan referensi  “Mushaf Tadabbur”. Keduanya adalah karya Ustadz Fathuddin Ja’far, MA.
  3. Di samping itu, kami juga memberikan materi-materi khusus yang bersifat stimulus dan motivasi seperti The Miracle of Spiritual, Indahnya Hidup Di Bawah Naungan Al-Qur’an, Profesionalisme dalam Islam, Mukjizat Manajemen Waktu Berdasarkan Shalat Fardhu, Di Balik Kekuatan Al-Qur’an, Self Empowerment, Character Building, Bahaya Virus Materialisme dan puluhan materi lainnya.
  4. Rihlah Spiritual, yakni mengadakan kunjungan atau perjalanan wisata ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah Islam di Indonesia maupun di negeri Islam atau bekas Islam lainnya, seperti pusat-pusat kejayaan Islam, perjalanan ibadah seperti Umrah dan Haji, tempat-tempat yang menampilkan keindahan dan keajaiban ciptaan Allah yang berkembang di atas bumi ini.
  5. Pengembangan dan ta’awun iqtishadi (kerjasama ekonomi dan bisnis). Dalam hal ini, MTF berfungsi sebagai wadah yang menyatukan dan mensinergikan potensi-potensi ekonomi para anggotanya, baik yang bersifat kelimuan dan keahlian, maupun yang bersifat modal kerja. Dalam menjalankan ta’awun iqtishadi ini MTF berpegang kepada prinsip-prinsip sistem ekonomi dan bisnis Islam dan kehati-hatian agar dapat meminimalkan resiko yang akan muncul, baik yang bersifat pelanggaran ajaran Islam maupun yang bersifat ekonomi.

IX. Susunan Manajemen MTF

  1. Pimpinan                                     : Fathuddin Ja’far MA.
  2. Kordinator Umum                   : H. Munif dan H. Tata Pribadi
  3. Sekum                                          : Isep Saepudin
  4. Bendahara                                  : Relina Ida, Hartono dan Silvia Andrianingsih
  5. Kadiv Kajian Sabtu                   : Yan Zefrial
  6. Kadiv Media                               : Irfani
  7. Kadiv Dauroh                             : TB. Dhuhri
  8. Kadiv Pendidikan                     : Muchtarom

 

X. Penutup

Demikianlah informasi singkat tentang Majelis Tafaqquh Fiddin (MTF) yang kami rintis dengan tujuan tidak lain kecuali mendapat bimbingan dan ridha dari Allah Ta’ala. Dalam kesempatan ini kami menghimbau saudara-saudara kami yang lain untuk bergabung bersama kami dalam rangka membina dan membentuk pribadi dan keluarga Islami yang didasari keimanan yang mendalam, Ilmu yang cukup, semangat yang kuat meraih ampunan dan ridha Allah serta amal shaleh yang dapat dibanggakan kelak saat berjumpa dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala di akhirat kelak.

Kami bermohon kepada Allah dengan kerendahan hati dan keikhlasan, semoga aktivitas MTF dan semua anggota yang bergabung mendapat taufik (bimbingan) dan ridha-Nya. Hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada-Nya kami meminta pertolongan. Semoga shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Muhammad SAW., keluarga, shahabat dan siapa saja yang mengikuti sunnah (jalan hidup) Beliau sampai akhir zaman.

Walhamdulillahi Rabbil “alamin…

 

Terakhir diperbarui: Selasa, 10 Zulqa'dah 1433 H / 30 April 2013 06:33 WIB