Tadabbur Al-Qur’an Surat Ar-Rum Ayat 16-24

Publikasi: Kamis, 16 Zulqa'dah 1438 H / 14 September 2017 12:39 WIB

Ayat dan Terjemah :

﴾ الْاٰخِرَةِ    فَأُو۟لٰٓئِكَ    فِى    الْعَذَابِ    مُحْضَرُونَ    ﴿الروم:١٦

Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami (Al Quran) serta (mendustakan) menemui hari akhirat, maka mereka tetap berada di dalam siksaan (neraka).

﴾ فَسُبْحٰنَ    اللَّهِ    حِينَ    تُمْسُونَ    وَحِينَ    تُصْبِحُونَ    ﴿الروم:١٧

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh,

﴾ وَلَهُ    الْحَمْدُ    فِى    السَّمٰوٰتِ    وَالْأَرْضِ    وَعَشِيًّا    وَحِينَ    تُظْهِرُونَ    ﴿الروم:١٨

dan bagi-Nya-lah segala puji di langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu Zuhur.

يُخْرِجُ    الْحَىَّ    مِنَ    الْمَيِّتِ    وَيُخْرِجُ    الْمَيِّتَ    مِنَ    الْحَىِّ    وَيُحْىِ    الْأَرْضَ    بَعْدَ    مَوْتِهَا    ۚ    وَكَذٰلِكَ    تُخْرَجُونَ   ﴾ ﴿الروم:١٩

Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan menghidupkan bumi sesudah matinya. Dan seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari kubur).

﴾ وَمِنْ    ءَايٰتِهِۦٓ    أَنْ    خَلَقَكُم    مِّن    تُرَابٍ    ثُمَّ    إِذَآ    أَنتُم    بَشَرٌ    تَنتَشِرُونَ    ﴿الروم:٢۰

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.

وَمِنْ    ءَايٰتِهِۦٓ    أَنْ    خَلَقَ    لَكُم    مِّنْ    أَنفُسِكُمْ    أَزْوٰجًا    لِّتَسْكُنُوٓا۟    إِلَيْهَا    وَجَعَلَ    بَيْنَكُم    مَّوَدَّةً    وَرَحْمَةً    ۚ    إِنَّ    فِى ﴾    ذٰلِكَ    لَءَايٰتٍ    لِّقَوْمٍ    يَتَفَكَّرُونَ    ﴿الروم:٢١

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

وَمِنْ    ءَايٰتِهِۦ    خَلْقُ    السَّمٰوٰتِ    وَالْأَرْضِ    وَاخْتِلٰفُ    أَلْسِنَتِكُمْ    وَأَلْوٰنِكُمْ    ۚ    إِنَّ    فِى    ذٰلِكَ    لَءَايٰتٍ    لِّلْعٰلِمِينَ   ﴾  ﴿الروم:٢٢

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.

وَمِنْ    ءَايٰتِهِۦ    مَنَامُكُم    بِالَّيْلِ    وَالنَّهَارِ    وَابْتِغَآؤُكُم    مِّن    فَضْلِهِۦٓ    ۚ    إِنَّ    فِى    ذٰلِكَ    لَءَايٰتٍ    لِّقَوْمٍ    يَسْمَعُونَ    ﴿الروم:٢٣﴾

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

وَمِنْ    ءَايٰتِهِۦ    يُرِيكُمُ    الْبَرْقَ    خَوْفًا    وَطَمَعًا    وَيُنَزِّلُ    مِنَ    السَّمَآءِ    مَآءً    فَيُحْىِۦ    بِهِ    الْأَرْضَ    بَعْدَ    مَوْتِهَآ    ۚ   ﴾  إِنَّ    فِى    ذٰلِكَ    لَءَايٰتٍ    لِّقَوْمٍ    يَعْقِلُونَ    ﴿الروم:٢٤

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya.

Tadabbur Al-Qur’an :

Ayat 16 meneruskan orang-orang menolak ayat-ayat Allah (Al-Qur’an) dan mengingkari  hari pertemuan akhirat, Allah akan masukkan  ke dalam siksaan neraka.

Ayat 17-24 menjelaskan bahwa kaum mukmin itu bertasbih (mensucikan Allah) di waktu pagi dan sore. Allah bersih dari sekutu-sekutu yang diciptakan manusia. Bukti-bukti kesucian-Nya dapat dilihat dari berbagai fakta kekuasaan-Nya di langit dan di bumi. Di antaranya:

  1. Mengeluarkan yang hidup dari mati, mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan  menghidupkan bumi yang mati. Demikian pula manusia nanti dihidupkan setelah mati.
  2. Menciptakan manusia dari tanah dan kemudian bertebaran di seluruh kawasan bumi.
  3. Menjadikan pasangan hidup dari jenis sendiri (wanita) untuk mendapatkan ketenangan dan Allah jadikan di antara pasangan itu rasa cinta dan kasih sayang. Tanda kebesaran Allah ini bisa dipahami oleh orang yang berfikir.
  4. Penciptaan langit, bumi, perbedaan bahasa dan warna kulit manusia. Tanda kebesaran  Allah ini bisa dipahami oleh orang berilmu.
  5. Tidur di malam hari dan siang hari mencari rezeki. Tanda kebesaran Allah ini dapat diketahui oleh orang yang mau mendengarkan  ayat-ayat Allah.
  6. Allah perlihatkan kepada manusia kilat sehingga mereka merasakan takut dan harap. Takut agar tidak terkena petir dan harapan akan turunnya hujan dari langit. Dengan hujan itu  Allah hidupkan bumi setelah bumi itu mati.  Tanda-tanda kebesaran Allah ini hanya dapat diketahui oleh orang-orang yang berakal.