Surah Al-Baqarah Ayat 1-5

Publikasi: Jum'at, 26 Zulqa'dah 1433 H / 12 Oktober 2012 04:31 WIB

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

 (1) الم
(2) ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
(3) الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ
(4) وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ
(5) أُولَٰئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Terjemah:

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

1. Alif Lām Mīm. (a)

2. Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan pa-danya; petunjuk bagi mereka yang
bertakwa, (b)

3. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan (c) sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.

4. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu (d), serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

5. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

Catatan Kaki:

(a) Beberapa surah dalam Al-Qur’an dibuka dengan huruf abjad seperti Alif Lām Mīm, Alim Lām Rā, dan se-bagainya. Makna huruf-huruf itu hanya Allah yang tahu. Ada yang berpendapat bahwa huruf-huruf itu adalah nama surah dan ada pula yang berpendapat bahwa gunanya untuk menarik perhatian, atau untuk mengisyaratkan bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dalam baha-sa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad tersebut.

(b) Takwa yaitu mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

(c) Pengertian menginfakkan harta di jalan Allah m-liputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.

(d) Yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad saw. ialah: Taurat, Zabur, Injil dan huruf-huruf (lembaran-lembaran) yang tidak seperti kitab.

Tadabbur surah Al-Baqarah Ayat 1-5

Ayat 1 (الم) terdiri dari 3 huruf Hi-jaiyyah (huruf Arab), yaitu, alif, lam dan mim. Dalam Al-Qur’an terdapat 29 surah yang awalnya dimulai dengan gabungan beberapa huruf seperti pada awal surah Al-Baqarah ini. tidak ada yang mengeta-hui maknanya kecuali hanya Allah. Rasul saw. tidak pernah menjelaskan maksudnya. Demikian juga para sahabat Rasul saw. yang kepada mereka Al-Qur’an diturunkan pertama kali, tidak pernah menjelaskan apa maksudnya. Sebab itu, jumhur ulama tidak berani menaf-sirkannya. Mereka hanya mengatakan: Allahlah yang Mengetahui maksudnya.

Inilah sikap yang paling baik dalam me-nafsirkan Al-Qur’an yang terkait dengan setiap awal surah yang dimulai dengan gabungan beberapa huruf Hijaiyyah.

Ayat 2 menjelaskan Al-Qur’an itu ada-lah kebenaran yang tidak dapat diban-tah manusia sepanjang masa, baik dari sisi bahasa, isi, berbagai data ilmiah dan informasi sejarah yang ada di dalamnya. Namun, yang dapat menjadikan Al-Qur’an itu sebagai petunjuk hidup hanyalah orang-orang yang bertaqwa.

Di antara karekter mereka dijelaskan dalam ayat 3 – 4:

1) Mengimani hal-hal yang gaib, seperti surga, neraka dan sebagai-nya.
2) Menegakkan salat.
3) Menginfakkan sebagian rezeki yang Allah berikan padanya.
4) Mengimani Al-Qur’an dan kitab-kitab sebelumnya (Taurat, Zabur dan Injil)
5) Meyakini hari dan kehidupan akhirat

Sedangkan ayat 5 menjelaskan orang yang berada di atas petunjuk Al-Qur’an
dijamin sukses di dunia dan akhirat.