Sunnah Sunnah dalam Shalat

Publikasi: Kamis, 29 Rajab 1435 H / 29 Mei 2014 07:55 WIB

Pemateri : Ust. Fathuddin Ja’far, MA.

Shalat Istikharah dan DoanyaTelah kita bahas wajib shalat dan rukun shalat. rukun telah kita bahasa kemarin ada 14. Batal shalat orang yang meninggalkan rukun baik sengaja maupun tidak sengaja. Dan batal orang shalat yang meninggalkan wajibnya shalat dengan sengaja dan apabila lupa maka dia mengganti dengan sujud syahwi.

Sunnah-sunnah shalat.

Sunnah-sunnah dalam shalat ini terbagi menjadi dua: pertama sunnah dalam ucapan dan yang kedua adalah sunnah dalam perbuatan.

sunnah perbuatan: mengangkat tangan pada waktu takbiratul ihram, ketika hendak ruku’, dan ketika bangun dari ruku’,  meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri, memfokuskan pandangan pada tempat sujud, memisahkan kaki ketika dia berdiri. Seberapa kita pisahkan kaki kita? Yaitu selapang bahu kita, makanya tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit. Sunnha berikutnya yaitu: menggenggam lututnya ketika ruku’ meluruskan punggungnya ketika ruku’  meluruskan kepadala sejajar dengan punggung.

Sunnah perkataan: doa iftitah, ta’awud, mengucapkan amin setelah imam membaca waladdhalin, membaca ayat setelah membaca al-fatihah, bacaan tasbih ketika rukuk dan sujud, doa sebelum salam.

Wallahu Ta’ala A’lam