Rahasia alam dan makhluk 3

Publikasi: Senin, 1 Rabiul Awwal 1439 H / 20 November 2017 16:58 WIB

(mtf-online.com)

11 – Semut membangun jembatan

Ya! Semut membangun jembatan persis seperti manusia. Bahkan boleh lebih unggul dari manusia!

Dalam penelitian terbarunya para ilmuwan mengatakan bahwa semut harus mengorbankan sebagian kecil semut untuk membangun sebuah jembatan, namun memberikan yang sangat besar dalam memberikan kenyamanan lalu lintas yang diperlukan untuk ribuan semut, dan sistem sosial ini dilakukan secara sukarela dan senang hari, bahkan setiap semut antusias untuk melakukan percobaan apakah besarnya sesuai untuk membangun jembatan ini dilingkungannya!

Subhanallah! Solidaritas dan saling mengasihi terdapat di dunia semut, bagaimana dengan kita sebagai manusia?! Nabi saw telah memberikan gambaran kepada kita akan kondisi orang beriman saat menegaskan bahwa orang-orang beriman seperti bangunan yang sangat kokoh dalam hal kerjasama dan pengorbanan, jika semut bekerja sama dan melakukan pengorbanan untuk

untuk satu mata pencaharian saja, bukankah kita lebih layak dalam bekerja sama dan memberikan pengorbanan karena Allah SWT?! Di sini kita selalu ingat pernyataan Allah yang menegaskan bahwa semut dan makhluk hidup lainnya adalah sekelompok umat seperti kita. Allah berfirman:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا طَائِرٍ يَطِيرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلَّا أُمَمٌ أَمْثَالُكُمْ مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ ثُمَّ إِلَى رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ

“Dan Tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan”. (Al-An’am:38)

12 – Semut betina memberikan peringatan ketika ada bahaya

Para ilmuwan telah menemukan bahwa semut betina memiliki tugas memberikan peringatan ketika akan terjadi suatu bahaya, dan selanjutnya akan keluar getaran suara dan bahan kimia sebagai pesan peringatan, yang dipahami oleh komunitas semut di sekitarnya dan para selanjutnya pula mereka melarikan diri dari tempat yang tersembunyian. Fakta ilmiah telah disebutkan dalam Al-Quran, Allah berfirman:

قَالَتْ نَمْلَةٌ يَا أَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوا مَسَاكِنَكُمْ

“Berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu”. (An-Naml:18)

Kata semut dengan shighat muannats (perempuan). Seubhanallah.

13 – Sarang-sarang semut

Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa semut memiliki insinyur yang sangat profesional dalam pembangunan sarang, dialah yang menyiapkan seluruh sarana untuk memberikan jaminan kehidupan yang “bahagia” dengan membuat tempat yang lebih di permukaan bumi untuk menghindar dari air, dan juga membuat slot untuk ventilasi, sarang tersebut dibagi menjadi beberapa kamar khusus untuk memberikan perawatan semut yang masih kecil dan semut lainnya untuk menyimpan butir … Adanya insinyur di dunia semut ini menunjukkan adanya program dalam

otak kecil untuk memandu apa yang harus dilakukan dengannya. Subhanallah! Kita temukan salah satu dalam Al-Quran yang menunjukkan bentuk sarang semut. Allah berfirman:

قَالَتْ نَمْلَةٌ يَا أَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوا مَسَاكِنَكُمْ

“Berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu”. (An-Naml:18)

Dan keajaiban ini tercermin dalam kata (sarang-sarang kalian) karena semut memiliki sarang yang nyata.

14 – Kerjasama dalam dunia semut

Dalam penelitian terbaru seorang peneliti tentang Neurologi dunia semut pada universitas Boston yang bernama James Traniello mengatakan bahwa perilaku semut sangat kompleks dan ia merupakan perilaku yang terprogram, seluruh semut sebelumnya mengetahui apa yang harus mereka lakukan, semut yang kecil misalnya memiliki tugas yang terbatas sesuai dengan ukurannya, semut yang masih muda dan kuat memiliki tugas untuk menjaga pertahanan dari ancaman koloni, mengumpulkan makanan dan tugas-tugas lain yang sulit-sulit, adapun semut yang sudah tua akan diisolasi dan diberi perawatan dan perhatian yang maksimal!

Di sini memberikan pertanyaan kepada siapa saja yang tidak beriman akan keberadaan Sang Pencipta yang Mahakuasa: Bagaimanakah caranya dapat menjelaskan rahasia kerjasama dan pengorbanan dalam dunia semut dan siapa yang memberitahu dan menuntunnya pada teknologi yang menakjubkan ini, kami sampaikan seperti seblumnya bahwa Dialah Allah SWT yang menyatakan melalui lisan Nabi Musa saat berdialog dengan Fir’aun:

قَالَ رَبُّنَا الَّذِي أَعْطَى كُلَّ شَيْءٍ خَلْقَهُ ثُمَّ هَدَى

“Dia berkata: Tuhan kamilah yang memberikan segala sesuatu pada ciptaan-Nya kemudian memberinya petunjuk” (Taha: 50).

15 – semut lebih kuat dari pada manusia

Para ilmuwan mengatakan bahwa semut mampu 10-20 kali lipat berat badannya, oleh karena itu semut lebih kuat dari manusia, karena manusia yang paling kuat di dunia tidak mampu membawa beban melebihi berat badannya! Marilah renungkan wahai manusia betapa lemahnya anda, Allah berfirman:

وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا

“Manusia diciptakan dalam kondisi lemah” (An-Nisa:28].

(rahman/mtf-online.com)