Pembantai 8.000 Lebih Muslim Bosnia Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Publikasi: Kamis, 4 Rabiul Awwal 1439 H / 23 November 2017 16:24 WIB

Foto: Ratko Mladic

(mtf-online.com), Den Haag – Mantan panglima Serbia-Bosnia Ratko Mladic dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh hakim PBB pada Rabu (22/11/2017). Ia dinyatakan bertanggung jawab atas pembantaian lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim di Srebenica pada tahun 1995.

Hakim Pengadilan Pidana Internasional untuk Bekas Yugoslavia (ICTY) yang duduk di Den Haag dengan suara bulat menemukan Mladic bersalah karena melakukan kesalahan dalam pembunuhan Srebrenica yang terjadi menjelang akhir perang sipil tiga tahun yang brutal tersebut.

Keterlibatan Mladic meluas kepada tindakan genosida dan penganiayaan, pemusnahan, pembunuhan, dan tindakan pemindahan paksa yang tidak manusiawi di Srebrenica.

Mladic menghadapi dua tuduhan genosida, di antara kejahatan lainnya. Walaupun pengadilan mendapati dia bersalah atas perannya di Srebrenica, Mladic dinyatakan bersalah melakukan genosida di enam kota Bosnia lainnya: Foca, Kljuc, Kotor-Varos, Prijedor, Sanski Most dan Vlasenica.

Dia juga dihukum karena serangkaian kejahatan terhadap kemanusiaan, termasuk penganiayaan, pemusnahan, pembunuhan, pembunuhan sebagai pelanggaran hukum perang dan deportasi paksa.

Hakim Ketua Alphone Orie mengatakan, “Keadaan bersifat brutal. Mereka yang mencoba mempertahankan rumah mereka dipenuhi dengan kekuatan yang kejam. Eksekusi massal terjadi dan beberapa korban meninggal setelah dipukuli.”

“Banyak pelaku yang telah menangkap Muslim Bosnia, menunjukkan sedikit atau tidak menghormati kehidupan manusia atau martabat,” katanya.

Mladic memiliki keterlibatan dalam apa yang disebut oleh ICTY sebagai “perusahaan kriminal bersama menyeluruh” yang melibatkan pemimpin politik dan militer Serbia Bosnia.

“Ini bertujuan untuk menghapus Muslim Bosnia dan Bosnia secara permanen dari wilayah yang dikuasai Bosnia,” kata hakim. (rahman/kiblat)