Nama Hari Kiamat : Al Qori’ah

Publikasi: Sabtu, 30 Zulqa'dah 1437 H / 3 September 2016 06:33 WIB

hari kimat al-qori'ahOleh : Ust Fathuddin Ja’far, MA

Allah berfirman :

(الْقَارِعَةُ    ﴿القارعة:١

Hari Kiamat,

(مَا    الْقَارِعَةُ    ﴿القارعة:٢

Apakah hari Kiamat itu?

(وَمَآ    أَدْرَٮٰكَ    مَا    الْقَارِعَةُ    ﴿القارعة:٣

Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?

(يَوْمَ    يَكُونُ    النَّاسُ    كَالْفَرَاشِ    الْمَبْثُوثِ    ﴿القارعة:٤

Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,

Dari surat al-Qori’ah ini jelas salah satu nama hari kiamat adalah al-Qori’ah, Allah juga berfirman :

 

(كَذَّبَتْ    ثَمُودُ    وَعَادٌۢ    بِالْقَارِعَةِ    ﴿الحاقة:٤

Kaum Tsamud dan ‘Aad telah mendustakan hari kiamat.

Makna qor’un / qori’ah bisa juga kesusahan dalam hidup, atau peristiwa-peristiwa besar dalam hidup, seperti cari uang susah, penyakit tidak sembuh-sembuh, hidup tertekan, yaitu peristiwa yang dahsyat yang menimpa.

Salah seorang penyair yang masuk Islam dan kemudian semua anak-anaknya meninggal dalam syahid berkata :

Masa telah membuatku sakit yang telah menyayat-nyayat hati manjadi kecil-kecil. Yang dimaksud ad-dahr adalah musibah-musibah yang menggigitnya, yang menimpanya, seakan-akan musibah itu menggiitnya dengan taring-taring besar dan kecil yang sangat kuat, dari situ maka disebut dengan Al-Qori’ah yang membuat hati sakit , sedih dan ketakutan, tentu smuanya kaitannya dengan amal sholeh.

Kalau dia orang mukmin dengan keimanannya tidak akan merasakan apa-apa, makanya orang mukmin tidak akan merasakan dahsyatnya hari kiamat, hancurnya alam semesta.  Karena sebelum alam semesta ini dihancurkan, Allah kirim angin sepoi-sepoi dari Yaman, kemudian angin itu dihirup oleh orang mukmin sehingga sampe meninggal  dengan tanpa terasa. Beda dengan orang kafir , mereka akan menyaksikan dan merasakan hancur alam semesta ini yaitu hari kiamat.

Makanya yang mennetukan itu amal kita saat ini , yaitu apa yang kita yakini , yang kita amalkan. Oleh karena itu kalau kita ingin aman dari hari kiamat, dari dahsyatnya hancurnya alam semesta, kita harus persiapkan dari sekarang sehingga tidak merasakn dahsyatnya hancurnya alam semesta sebagaimana yang akan dialami, dirasakan oleh orang-orang kafir. Maka persiapkan semuanya itu dari sekarang jangan tunda-tunda, terutama persiapkan dengan keimaanan yang baik, makanya Allah senantiasa kaitkan iman itu dengan hari akhirat.

Wallahu Ta’ala Alam

(saef/mtf-online.com)