Militer Mesir Hancurkan Belasan Terowongan ke Gaza

Publikasi: Selasa, 4 Rabiul Akhir 1438 H / 3 Januari 2017 09:25 WIB

terowongan(mtf-online.com), Kairo – Pasukan Mesir dilaporkan telah menghancurkan belasan terowongan di wilayah Sinai yang menghubungkan ke wilayah Jalur Gaza, Palestina.

Jubir militer Mesir, Kolonel Tamer al-Rifai menyatakan pada Senin (02/01) bahwa pasukannya telah menghancurkan sedikitnya 12 terowongan yang menembus Gaza. Dia tidak memberi keterangan lebih lanjut.

Beberapa bulan sebelumnya, Angkatan Bersenjata Kairo beberapa kali membanjiri terowongan ke Gaza dengan air laut dari Mediterania. Mesir berdalih, terowongan-terowongan itu digunakan untuk menyelundupkan senjata.

Sejak tahun 2007, Jalur Gaza Palestina bergantung pada jaringan terowongan lintas perbatasan selama bertahun-tahun untuk mengimpor pasokan logistik termasuk makanan, bahan bakar dan obat-obatan.

Namun, tentara Mesir menghancurkan terowongan yang ada sejak digulingkannya Muhammed Mursi dari kursi kepresidenan karena dianggap untuk mendukung aktivitas militan di Sinai.

Pada tahun 2014, pemerintah Mesir juga mulai mendirikan “zona penyangga” di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza, menyusul serentetan serangan militan pada personil keamanan Mesir yang dikerahkan di semenanjung volatile.
(saef/kiblat)