HUKUM KHOMR (MINUMAN KERAS), PEMINUMNYA, HUKUMANNYA, DAN MEMPERJUAL BELIKANNYA.

Publikasi: Jum'at, 6 Zulhijjah 1437 H / 9 September 2016 14:49 WIB

hukum minum khomr(MTF)

Ada Beberapa Pembahasan :

Definisi Khomr, Hukumnya Dan Hikmah Diharamkannya.

Khamr secara bahasa : Setiap yang mnutupi akal, yang membuat akal lupa tidak sadar, baik bahannya dari anggur, tape, beras atau dari apa aja yang membuat akal tidak sadarkan diri.

Secara syar’I khamer adalah: Setiap yang memabukan (hilang kesiimbangan, tidak sadarkan diri). Baik itu berbentuk juz, atau sulingan/perasan dari anggur atau yang lainnya, baik sudah dimasak atau masih mentah.  Di Yaman ada lalapan seperti daun yang tanpa dimasak ketika dimakan maka akan membuat mabuk.

Jadi mabuk adalah terjadinya akal yang campur aduk/ tidak stabil, goyang sehingga tidak jelas dan tidak sadarkan diri.

Yang membuat orang mabuk adalah makanan atau minuman yang membuat pengomsumsinya manjadi mabuk. Orang yang mabuk adalah lawan dari orang yang shahih (jelas sadar diri)

Hukum khomer adalah haram, begitu juga semua hal yang membukan.

Setiap yang memabukan maka disebut khomer, oleh karena itu tidak boleh meminum khomr baik sedikit maupun banyak. Dan meminumnya adalah bagian dari dosa besar. Di dalam kitab Al Kabair karya Imam Adz Dzahabi disebutkan minum khomr adalah dosa besar. Khomer diharamkan melalui kitab/al-Qur’an, sunnah atupun ijma’, kesepakatan para ulama bedasarkan ayat Allah :

(يٰٓأَيُّهَا    الَّذِينَ    ءَامَنُوٓا۟    إِنَّمَا    الْخَمْرُ    وَالْمَيْسِرُ    وَالْأَنصَابُ    وَالْأَزْلٰمُ    رِجْسٌ    مِّنْ    عَمَلِ    الشَّيْطٰنِ    فَاجْتَنِبُوهُ    لَعَلَّكُمْ    تُفْلِحُونَ    ﴿المائدة:٩۰

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Minum khomer, Berjudi, mnyembah berhala, mengundi nasib, itu semua adalah kotaran dari kotorannya syaitan, perbuataan syaitan yang paling kotor, maka jauhilah.

Dalam proses mngharamkan khomr ini memang terjadi beberapa marhalah (proses tahapan), karena minum khomr ini memang menjadi kebiasaan masyarakat dahulu yang memang sangat berat untuk dirubah,  sehingga Allah jelaskan secara bertahap, dari dijelaskan bahwa hal itu tidak baik, kemudian hal itu berbahaya, dan kemudian dijelaskan bahwa hal itu diharamkan, maka jauhilah.

Perintah disuruh menjauhi ini adalah bukti bahwa khomer itu diharamkan.

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ، وَ مَا اَسْكَرَ اْلفَرَقُ مِنْهُ فَمِلْءُ اْلكَفِّ مِنْهُ حَرَامٌ. احمد و ابو داود و الترمذى و قال حديث حسن

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Setiap minuman yang memabukkan itu haram, dan minuman yang dalam jumlah banyaknya memabukkan, maka segenggam darinya pun haram”. [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, dan Tirmidzi berkata, “Hadits ini hasan”]

كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ ، وَكُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ

“Semua yang memabukkan adalah khamr dan semua khamr adalah haram.” (HR. Muslim) 

Dan hadits-hadits yang mengharamkannya banyak sekali, sampai tingkat hadits mutawatir (hadits yang orang mustahil untuk berbohong di situ karena datang dari bnyak riwayat dan sama semuanya dan mereka tinggalnya berjauhan. Dan ulama pun sepakat diharamkannya khomer.

Hikmah Diharamkannya Khomr

Allah telah memberikan nikmat yang banyak , diantaranya nikmat akal, yang dengan akal itu membedakan manusia dengan makhluk-makhluk yang lain. Sedangkan yang memabukan itu karakternya adalah menghilangkan akal manusia, menimbulkan manusia membenci dan bermusuhan di antara kaum mukmin, bisa menjadi penghambat sholat, oleh karena itu Allah haramkan hal itu.

Dan bahaya khomr ini sangat besar dan kejahatannya sangat dahsyat, itu adalah jebakannya syaitan untuk mendatangkan mudhorat kepada muslimin. Jadi syaitan bermain-main dengan berhala, mengundi nasib, berjudi, dan minum khomr, dengan 4 hal ini sarana syaitan untuk menjerumuskan manusia jauh dari Allah.

(إِنَّمَا    يُرِيدُ    الشَّيْطٰنُ    أَن    يُوقِعَ    بَيْنَكُمُ    الْعَدٰوَةَ    وَالْبَغْضَآءَ    فِى    الْخَمْرِ    وَالْمَيْسِرِ    وَيَصُدَّكُمْ    عَن    ذِكْرِ    اللَّهِ    وَعَنِ    الصَّلَوٰةِ    ۖ    فَهَلْ    أَنتُم    مُّنتَهُونَ    ﴿المائدة:٩١

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu.)

Orang kalau sudah minum khomr, berjudi, mengundi nasib, nyembah berhala, maka dia jauh dari shalat dan jauh dari mngingat Allah. Makanya islam melarang untuk mengikuti langkah-langkah syaitan. Dan orang yang mengikuti langkah syaitan maka disebut penyembah syaitan, karena beribadah kepada syaitan.

Hukuman Bagi Peminum Khomr, Syarat-Syarat Pembuktian dan Cara Pembuktiannya.

Hukuman peminum khomr sekali minum itu dijilid (dipukul) dengan jumlah 40 kali jilid, boleh juga dijilid sampai 80 jilid tergantung ijtihad pemimpin ketika itu, jika hal itu agar menambah jera peminum khomr.

Ada hadits riwayat dari Ali bin Abi Thalib,tentang kisah Al Walid bin Uqbah, Rasulullah SAW, menjilid 40 jilid, Abu Bakar 40 jilid, dan Umar 80 jilid. Dan semuanya itu sunnah,dan yang lebih saya cintai.

Karaena sahabat kulafaurrrosyidin itu mendapatkan hak untuk berijtihad dari Rasulullah SAW.

Kemudian ada riwayat dari Anas bin malik,  dia berkata: Nabi saw mencambuk dalam perkara khamar dengan pelapah kurma dan dengan sandal. Abu bakar mencambuk dalam perkara khamar sebanyak 40 kali. (HR. Bukhari dan Muslim).

Syarat Ditegakannya Hukuman Peminum Khomr

Beberapa syarat-syaratnya :

  1. Muslim, Karena tidak ada hukum bagi orang kafir.
  2. Baligh, sudah bisa membedakan yang baik dan buruk, dan tidak ada hukuman untuk anak kecil.
  3. Berakal, tidak ada hukuman bagi orang yang gila.
  4. Berdasarkan pilihan dia sendiri, tidak ada hukuman bagi yang dipaksa dan lupa.

Tiga syarat pertama ini dijelaskan Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya Allah Ta’ala akan mengampuni ummatku yang salah, lupa, dan dipaksa.”

Dalam Hadist lain disebutkan : “diangkat pena Allah dari tiga perkara : kesalahan, lupa, dan dipaksa.”

  1. Mengatahui bahwa hokum khomr adalah haram, karena tidak ada hukuman bagi yang jahil.
  2. Sadar mengetahui bahwa yang diminum adalah khomr, kalau dikira bukan khomr kemudisa setelah diminum dia baru mngetahui itu khomr maka tidak ada hukuman.

Cara Pembuktiannya :

Cara pembuktiannya adalah dengan salah satu dua syarat:

  1. Mengaku dengan sendirinya kalau dia habis minum khomr.
  2. Kesaksian dua orang laki-laki yang adil (shaleh).

Jika salah satu syarat ini sudah maka terpenuhi untuk ditegakan hukuman.

Hukum yang Memabukan, Semua Jenis yang Memabukan yang Merusak Akal, dan Perdagangannya

Hukum yang Memabukan di Luar Khomr

Barang siapa yang mngkomsumsi barang yang memabukan selain khomr maka dia akan tertimpa rasa malas, futur (putus asa/tidak semangat), untuk beribadah atau ketaatan pada allah.

Dan semua barang yang memabukan itu hukumnya haram apapun itu bentuknya dan namanya.

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ، وَ مَا اَسْكَرَ اْلفَرَقُ مِنْهُ فَمِلْءُ اْلكَفِّ مِنْهُ حَرَامٌ. احمد و ابو داود و الترمذى و قال حديث حسن

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Setiap minuman yang memabukkan itu haram, dan minuman yang dalam jumlah banyaknya memabukkan, maka segenggam darinya pun haram”. [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, dan Tirmidzi berkata, “Hadits ini hasan”]

Barang-barang yang memabukan ini bahaya nya besar yang sangat merusak dunia dan akhiratnya. Hal itu akan merusak para pemuda generasi bangsa, sehingga mereka akan jauh dari ibadah kepada Allah, dan jauh dari semangat atau berjihad memerangi musuh-musuh islam.

Hukum Memperdagangkan Barang-Barang yang Memabukan

Ada larangan dari Rasulullah SAW, bahwasannya beliau mengharamkan komr, bangkai, babi, dan berhala.

Rasul SAW juga bersabda : “Apabila allah mengharamkan sesuatu maka Allah juga mengaramkan memperjual belikannya”

Ulama juga berkata : Apa aja yang Allah haramkan maka haram juga penjualannya dan hasil jualannya.

Karena menjual homr itu dilarang makan menjual sesuatu yang seperti khomr atau yang memabukan maka haram juga memperjualkannya.

Wallahu Ta’ala A’lam

(saef/mtf-online.com)