Erdogan desak umat Islam di seluruh dunia untuk lindungi Al-Aqsha

Publikasi: Rabu, 2 Zulqa'dah 1438 H / 26 Juli 2017 11:38 WIB

(mtf-online.com) ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak umat Islam di seluruh dunia untuk memainkan peran mereka dalam melindungi Masjid Al-Aqsha di Yerusalem.

“Ketika tentara ‘Israel’ secara sembarangan mencemari tanah Al-Aqsha dengan sepatu tempur mereka dengan menggunakan isu-isu sederhana sebagai dalih dan kemudian menumpahkan darah di sana. Dengan dalih itu, apakah kita tidak berbuat banyak untuk mempertaruhkan klaim kita atas Yerusalem?”

Erdogan mengatakan bahwa perlindungan situs suci umat Islam bukanlah masalah hanya tentang apakah mungkin melakukan lebih banyak untuk melindungi, tapi juga masalah iman.

“Bagi mereka yang mampu, harus mengunjungi Al-Aqsha. Bagi mereka yang tidak dapat mengunjungi Al-Aqsha harus mengirim bantuan ke saudara-saudara kita di sana.”

Erdogan juga berbicara tentang perjalanan dua hari baru-baru ini ke kawasan Teluk, termasuk perjalanan ke Arab Saudi, Kuwait, dan Qatar.

“Muslim tidak perlu berkelahi, tapi harus menunjukkan solidaritas dan saling mendekat satu sama lain. Untuk alasan ini, kita harus berusaha menemukan cara untuk jujur dan tulus membicarakan masalah ini,” kata Erdogan.

“Saya harap solusi terhadap krisis (Teluk) yang menyebabkan ketegangan antar saudara akan segera ditemukan,” tambahnya sebagaimana dilansir kantor berita Turki Anadolu, Rabu (25/7/2017). (rahman/arrahmah)