Disunnahkan Mengadzankan dan Mengiqomahkan Bayi Baru Lahir

Publikasi: Senin, 28 Zulhijjah 1436 H / 12 Oktober 2015 10:22 WIB

tarbiyatul awladTulisan ini akan membahas kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam karya DR. Nashih ‘Ulwan rahimahullah. Tulisan ini akan membahas salah satu babnya, yaitu “Disunnahkan Mengadzankan dan Mengiqomahkan Bayi Baru Lahir

Di antara hukum-hukum yang Allah syari’atkan adalah mengadzankan di telinga kanan dan iqomah di telinga kiri ketika bayi baru lahir. Dalam hadits shahih diriwayatkan, bahwa Rasulullah saw. mengadzankan ke telinga Hasan setelah fatimah melahirkannya.

“Dalam hadits lainnya dijelaskan tidak ada seorangpun kecuali disentuh oleh jin.” Jadi, anak yang di adzankan maka selamat dari bahaya (gangguan jin).

Diriwayatkan juga dari ibnu Abbas bahwa Nabi saw. mengadzankan ke telinga Hasan bin ali dan di iqomahkan ke telinga kiri.

Dalam kitab Ibnu Qayyim al Jauziyah (tuhfatul maulud) tentang hikmah adzan dan iqomah bagi anak yang baru lahir, yaitu;

  1. Agar pertama kali yang ia dengar adalah nida (panggilan adzan) yang tinggi dari Allah yang mencerminkan cakupan antara kebesaran Allah dan keagungan-Nya, kemudian syahadatain yang menjadi awal seorang masuk ke dalam Islam sebagaimana juga di talkinkan ketika dia keluar dari dunia (sakarotul maut).
  2. Agar setan lari, sebab setan lari terbirit-birit ketika mendengarkan adzan. Ketika ada yang melahirkan, setan itu menunggu mengintip sampai lahir.
  3. Allah Ta’ala menjadikan setiap manusia itu qorin (bisa mengajak kepada keburukan).
  4. Agar dakwah Allah Ta’ala mendahului dari pada dakwah setan, sebagaimana dakwah kepada Allah itu merupakan dakwah firtrah terhadap manusia dan mendahului upaya setan dalam menggelincirkan manusia.

Makna atau hikmah yang dijelaskan Ibnu Qoyyim ini merupakan dalil yang sangat kuat bahwa Nabi saw. sangat konsen terhadap akidah tauhid dan iman, mengusir setan dan hawa nafsu sejak awal manusia lahir ke dunia. Jadi bayi yang belum tahu apa-apa sudah di ajarkan tauhid, pertama kali bayi itu menghirup udara di dunia harus diajarkan kalimat tauhid, membesarkan Allah dan sebagainya. Inilah yang harus dilakukan ketika anak lahir.

============================

*Tulisan di atas ditranskrip dari audio rekaman kajian MTF yang disampaikan oleh Ust. Fathuddin Ja’far, MA dan diadakan setiap Sabtu Pagi di Masjid Al-Ikhwan, Bukit Cengkeh I, Cimanggis, Depok. Untuk mendengarkan audio rekamannya, klik Disunnahkan Mengadzankan dan Mengiqomahkan Bayi Baru Lahir.