Berencana Bunuh Erdogan, 34 Orang Divonis Seumur Hidup

Publikasi: Kamis, 14 Muharram 1439 H / 5 Oktober 2017 15:18 WIB

Foto: Pemerintah Turki tangkap tentara yang terlibat usaha penculikan Erdogan 15 Juli lalu. (Al-JAzeera)

(mtf-online.com), Ankara – Pengadilan Turki memutuskan hukuman seumur hidup kepada 34 orang karena merencanakan pembunuhan terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan di sebuah hotel mewah Aegean selama kudeta yang gagal tahun lalu.

Di antara mereka ada mantan brigadir jenderal Gokhan Sahin Sonmezates yang disebut memimpin upaya tersebut.

Persidangan dimulai pada tanggal 20 Februari di tengah upaya pembersihan Turki terhadap orang-orang yang diduga terlibat untuk menggulingkan Erdogan pada tanggal 15 Juli 2016 silam

Kudeta yang gagal menewaskan 249 orang, di mana Turki menyebut Fethullah Gulen sebagai otak di baliknya. Gulen yang pernah menjadi sekutu Erdogan membantah keras klaim Ankara.

Erdogan mengatakan bahwa rencana pembunuhan tersebut gagal hanya beberapa menit setelah dia melarikan diri dari resor di Marmaris, tempat dia berlibur bersama keluarganya, dan kembali ke Istanbul dengan pesawat terbang.

Beberapa pendukung Erdogan telah menuntut orang-orang tersebut dihukum mati. Namun Turki menghapuskan hukuman itu pada tahun 2004 sebagai bagian dari upaya untuk bergabung dengan Uni Eropa. (rahman/kiblat)