Anggota Dewan Syariah Fath Al-Syam Gugur Diserang Drone

Publikasi: Sabtu, 8 Rabiul Akhir 1438 H / 7 Januari 2017 10:07 WIB

Foto: Syaikh Abu Al-Hasan Tiftaz

Foto: Syaikh Abu Al-Hasan Tiftaz

(mtf-online.com), Idlib – Gerakan Jabhah Fath Al-Syam kembali berduka. Seorang pemimpin seniornya, Syaikh Abu Al-Hasan Tiftaz, gugur oleh serangan drone yang diyakini milik Amerika Serikat pada Jumat siang (06/01). Syaikh bernama asli Yunus Syu’aib itu merupakan anggota Dewan Syariah Jabhah Fath Al-Syam.

Berdasarkan sumber portal enabbaladi.net, serangan itu menghantam rumah Abu Al-Hasan di pedesaan Idlib selepas shalat Jumat. Saat itu, Syaikh baru saja pulang dari masjid untuk melaksanakan ibadah Jumat.

Serangan ini juga menyebabkan anak laki-lakinya berusia 15 tahun dan seorang kerabatnya gugur. Sejumlah orang yang sebagian kerabat Syaikh Abu Al-Hasan juga luka-luka.

Abu Al-Hasan Tiftaz dua tahun lalu ditunjuk memegang kepemimpinan di Aleppo dan Idlib. Dia termasuk komandan oposisi paling menonjol di Suriah Utara.

Saat ini, dia menjabat anggota Dewan Syariah Fath Al-Syam dan aktif dalam pertemuan-pertemuan tingkat tinggi.

Pesawat tanpa awak AS akhir-akhir ini menggencarkan serangan menargetkan para petinggi Fath Al-Syam di Suriah Utara. Serangan kali ini merupakan serangan kedua dalam sepekan, sejak Rabu lalu.

AS menargetkan sebuah markas Fath Al-Syam di kota Sarmada, pedesaan Idlib, sehingga menewaskan sedikitnya 25 orang.

Beberapa hari sebelumnya, drone AS juga menghancurkan sebuah mobil yang ditumpangi komandan Fath Al-Syam. Sang komandan dan sejumlah pengawalnya terbunuh akibat serangan itu.

Perlu dicatat, gencarnya serangan koalisi AS ini di saat faksi-faksi oposisi mencoba menyamakan persepsi untuk melebur menjadi satu kekuatan besar. Upaya tersebut mendapat sorotan dari berbagai pihak, terutama Amerika Serikat. (saef/kiblat)